Virus Corona Covid 19

Entah mau mulai darimana, Virus ini menyerang seluruh dunia...
Kita disini di Indonesia yang tadinya masih santai karena ada yang beranggapan kita ini tinggal di  negara tropis jadi tidak akan dihinggapi virus ini, sekarang berubah jadi panik dan takut.


Saya adalah ibu yang bekerja dan memiliki dua orang anak,  Anak yang pertama saya panggil Akang (6 th) duduk di bangku TK 0 besar dan anak kedua seorang bayi perempuan lucu, saya panggil Dede (2 bulan). Setiap saya pulang kerja pastinya ada rasa was-was. Takut virus-virus itu ikut kerumah.

Saat ini disaat beberapa pekerja lain yang diperusahaannya menerapkan sistem kerja dari rumah atau yang disebut WFH ( Work From Home) telah berlaku, saya masih harus tetap bekerja normal seperti biasa.

Saya bekerja di bidang logistik dan gudang, jadi memang agak sulit kalau harus kerja dari rumah, bisa saja sih memonitoring secara sistem dari rumah, tapi aktifitas di gudang tetap harus dipantau. Saya setiap hari bekerja menggunakan KRL atau kereta commuter line, dimana kalian semua tahu bagaimana padatnya penumpang di setiap gerbong nya terutama pada pagi dan sore hari. Apalagi untuk jalur Bogor, setiap orang yang berasal dari wilayah-wilayah pinggiran kota Jakarta berbondong-bondong menaiki KRL agar sampai ke tempat kerja nya di Ibu kota tanpa macet dan ongkos murah. KRL saat ini menjadi salah satu transportasi yang cukup menakutkan bagi beberapa orang karena diduga menjadi salah satu transportasi yang tingkat penularan virus nya cukup tinggi.

Virus apa sih yang saya maksud dan ditakuti saat ini? ya betul tentunya semua sudah tahu kabar tentang virus Corona Covid 19 yang sedang hits seantero jagad di tahun 2020 ini.

Sebenarnya apasih sih Virus Corona Covid 19 itu? menurut artikel yang saya baca virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Pertama terjadi mewabah di Kota Wuhan, Cina. Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru.


Tidak main-main sampai saat ini di Indonesia virus Corona Covid 19 telah memakan banyak korban, dan hal ini selalu di update oleh pemerintah di covid19.kemenkes.go.id



Anjuran WHO dan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus ini salah satunya adalah selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan dan menjaga jarak. Saat ini banyak perusahaan dan instansi pemerintahan yang menerapkan sistem WFH  juga sekolah-sekolah yang diliburkan agar anak-anak dapat belajar dari rumah, maka dianjurkan bagi masyarakat untuk diam dan berkegiatan di rumah saja, gerakan ini juga ramai dengan menggunakan hashtag #dirumahaja. 



Banyak sekali dampak dari penyebaran virus ini, baik di bidang kesehatan, sosial dan ekonomi. tidak sedikit orang yang banyak memanfaatkan situasi ini salah satu contoh nya dengan menimbun masker dan menjual nya kembali dengan harga tinggi. kenapa sih disaat yang sulit seperti ini masih saja banyak orang yang memikirkan kepentingan pribadi. Begitu pula dengan himbauan-himbauan pemerintah untuk tetap dirumah saja, masih ada beberapa orang malah tidak mengindahkan himbauan tersebut, tidak sedikit yang masih asik berkeliaran di mall atau cafe untuk sekedar nongkrong-nongkrong. Kenapa sihhh kalian ini? haduh tidak habis pikir sama orang-orang ini.



Ayo mari yuk kita jaga diri kita dan keluarga dengan patuhi semua yang dapat memutus penyebaran Virus ini. Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir ya, kalau pun tidak ada jangan lupa gunakan hand sanitizer, gunakan masker kalau memang sedang flu atau batuk, makan makanan sehat dan bergizi ditambah multivitamin, berolahraga dan berjemur di pagi hari, jangan lupa untuk menjaga jarak apabila memang harus tetap bekerja atau ada urusan yang urgent dan kalau memang bisa tetap dirumah ya #dirumahaja demi dirimu dan orang orang tersayang disekelilingmu.


Stay Safe, Stay Health, Stay Happy....... :)

Comments

Popular posts from this blog

orange ranger :)