Belajar Dari Rumah - School From Home


Dear Moms,

Sudah hampir dua pekan anak-anak tercinta kita belajar dirumah alias SFH atau school from home akibat pandemi corona covid 19 yang angka penyebarannya semakin meningkat di Indonesia terutama di daerah Jabodetabek. Pada awalnya anak saya yang paling besar Akang Ali (kelas TK B) seneng nya pake banget pas dikasih tahu harus belajar dirumah selama dua minggu karena dia pikir waktu bermain jadi lebih banyak, bisa bangun tidur lebih siang dan lain-lain lah yaaaa. Tapi tunggu dulu wahai anak muda...hahahah...ini bukan liburan yang betul betul liburan yaaa, saya dan suami menjelaskan kenapa sih dia harus belajar dirumah selama dua minggu.

Kami memberi penjelasan kepada dia penyebab libur sekolah selama dua minggu karena virus-virus covid 19 nakal yang tersebar diluar sana. Selain itu ternyata anak memang benar-benar belajar dirumah ya Moms, karena hampir semua sekolah dan guru memberikan tugas setiap hari nya untuk semua anak murid nya dan harus menyelesaikan tugas dihari yang sama bahkan beberapa tugas harus "disetor" via aplikasi chat , karena anak saya masih TK jadi yang setor tugas ibunya Moms, berhubung saya masih bekerja dan tidak ada kebijakan work from home dari perusahaan jadi tugas-tugas Akang Ali baru saya kirimkan setelah jam pulang kerja hehehe...jadi suka mepet-mepet menjelang malam baru kirim. 

Seminggu pertama masih ceria ya muka akang tuh, tapi lewat dari seminggu bosan mulai melanda. Apalagi tugas sekolah tiap hari bobotnya bertambah, ada hapalan surat pendek, calistung, hapalan hadist dan doa, olahraga dan kegiatan kegiatan lain yang harus dikerjakan. Saat ditanya apasih sebenar nya yang membuat dia sangat bosan adalah saat tidak bisa bertemu teman-teman, Akang Ali kangen bercerita, tertawa, bermain bola dan perang-perangan bersama teman-teman di sekolah. Tapi bagus nya dia paham kenapa belum boleh bertemu dengan teman-temannya dulu.

Selama Akang Ali dirumah, dia ditemani Ayah nya yang memang terbiasa bekerja dari rumah jadi tetap ada teman bermain dan tidak kesepian. Bahkan sekarang Akang juga menjadi lebih perhatian ke adik nya yang masih bayi Dede Sarah. Selama dia dirumah, Akang jadi belajar juga cara menjaga dan bermain bersama adiknya.

Tapi Moms, terasa banget deh saat SFH saya jadi sadar kalau guru-guru di sekolah anak kita tuh sabar dan kuat banget ngajarin dan ngadepin anak-anak kita. Karena moms saat Ali intens belajar sama saya dari rumah waduhhh dari hari-kehari ada aja nangis nya, belum mood anak yang berubah-ubah, kadang mau mewarnai kadang enggak, tiba-tiba tengah jalan udah bilang cape dan langsung ga mau menghapal, terus kitanya yang awalnya ngajarin manis kaya barbie malah bisa berevolusi jadi T-rex saking ada aja keselnya....hahaha enggak gampang memang ya Moms,... salut untuk semua guru yang sabar sekali mengajar anak kita disekolah.

Oh ya moms, mau berbagi sedikit nih, untuk mengisi kegiatan anak-anak yang sedang belajar dirumah, kita juga bisa sambil jelaskan ke mereka wabah apa sih yang sedang melanda dunia sekarang. Anak-anak juga akan lebih mudah mengerti karena sekarang penjelasan tentang covid 19 banyak yang sudah menggunakan ilustrasi yang menarik bagi anak anak. contoh nya adalah dengan menggunakan tool tips yang diberikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang bisa di unduh gratis Moms, berikut link nya ya Moms ( https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/2627/tool-tips-menghadapi-covid-19-untuk-orang-tua-dan-anak )
didalam nya banyak manfaat dan ilmu baru untuk anak-anak kita Moms, dibahas juga kegiatan apa aja sih yang bisa para orang tua lakukan bersama anak anak selama dua pekan belajar dirumah ini.
pokoknya silahkan dibuka link nya ya Moms....masih banyak lagi yang menarik salah satunya tips seperti gambar diatas ya.

Semua pasti ada hikmah nya Moms, dikasih wabah seperti ini kita yang bisa tinggal #dirumahaja juga jadi lebih dekat dengan keluarga, lebih menjaga dan memperhatikan kesehatan, lebih banyak bersyukur untuk nikmat yang sudah kita terima selama ini, lebih ini lebih itu pokoknya banyak deh Moms.

Semoga kita semua di detik ini dan sampai nanti selalu diberi kesehatan ya Moms, semoga wabah ini segera berlalu.....

Stay Health and stay happpppyyy...

Comments

Popular posts from this blog

orange ranger :)